Home > Eryk Budi Pratama, IBM > Pengalaman Menggunakan IBM i (Server Lokal)

Pengalaman Menggunakan IBM i (Server Lokal)

IBM AS/400 - Eryk Budi Pratama

Sudah lama tidak menulis. Di sela-sela kesibukan saat ini, saya akan coba berbagi sedikit pengalaman menggunakan IBM i. Tulisan ini ditujukan kepada pembaca yang masih awam dengan IBM i. Jadi IBM i (dulu OS/400) merupakan salah satu sistem operasi buatan IBM yang khusus diembed di dalam komputer mainframe IBM System i (dulu AS/400). Bentuk fisik dari IBM System i sendiri beragam, mulai dari yang seukuran PC sampai sebesar lemari.

Untuk mencoba-coba sistem operasi khusus ini, tentunya kita harus memiliki hardwarenya. Loh jadi harus beli donk? Untungnya sekarang tidak perlu. Beruntung saya sempat datang di acara iTouchDown pada tanggal 13 November 2013, berlokasi di Tee Nine Restaurant, Indosurya Plaza. Inti dari acara tersebut adalah memperkenalkan Power i Cloud Roadmap dan iSolution sharing. Dari iSolution sharing inilah saya memperoleh informasi tentang akses gratis ke IBM i  melalui internet.

Free i5/OS Account
i5 di sini buakanlah tipe processor Intel, melainkan seri IBM i yang bisa kita gunakan secara gratis. Terima kasih iSolution karena telah menyediakan akses gratis ke IBM i sehingga masyarakat bisa mencoba-coba sistem operasi ini tanpa harus membeli hardwarenya😀
Untuk mendapatkan free access caranya cukup mudah, buka http://180.250.74.235:10088/registrasi dan lakukan registrasi. Setelah registrasi berhasil, Anda akan mendapatkan email yang berisi Username dan Password. Cukup mudah kan?🙂

Akses i5/OS (Console)
Untuk mengakses i5/OS dapat dilakukan dengan dua cara, menggunakan terminal TN5250 atau IBM i Client Access for Windows. Karena saya belum mendownload IBM i Client Accesss, maka saya menggunakan TN5250 yang bisa diunduh di sini.

TN5250 - IBM i emulator
Gambar di atas merupakan tampilan dari TN5250. Untuk melakukan koneksi, cukup masukkan IP address dari mesin i5/OS yang dimiliki oleh iSolution (180.250.74.235). Jika koneksi berhasil maka akan muncul tampilan “Green Screen” khas AS/400 seperti gambar di bawah ini.

IBM i5/OS - Eryk Budi Pratama

Login Screen – IBM i5/OS

Kemudian masukkan User dan Password yang didapatkan melalui registrasi. Jika user dan password benar, maka akan muncul halaman utama dari i5/OS ini.

IBM i5/OS - Eryk Budi Pratama

Main Menu – IBM i5/OS

Untuk menjalankan perintah, kita dapat mengetikkan nomor dari masing-masing informasi yang muncul di screen. Misalnya Anda ingin melihat User Tasks, cukup ketik angka kemudian enter. Cukup mudah kan? Selain itu Anda dapat menggetikkan perintah-perintah tertentu secara langsung. Misalnya, saya ingin mengecek konfigurasi Ethernet adapter. Saya dapat mengetikkan perintah WRKHDWRSC *CMN (enter).

TCP/IP Configuration iSeries
Hasilnya adalah seperti ini:

TCP/IP Configuration iSeries
Jika diperhatikan, tombol di keyboard kita untuk F adalah dari F1 – F12. Pada IBM i, tombolnya sampai F24. Bagaimanakah cara untuk mengakses F13 – F24? Cukup mudah. Tekan SHIFT dan tekan F berapa. List kombinasinya adalah sebagai berikut:

Shift F1 = F13
Shift F2 = F14
Shift F3 = F15
Shift F4 = F16
Shift F5 = F17
Shift F6 = F18
Shift F7 = F19
Shift F8 = F20
Shift F9 = F21
Shift F10 = F22
Shift F11 = F23
Shift F12 = F24

Oke cukup sekian yang bisa saya sharing. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk Anda, terutama yang masih awam tentang AS/400 dan penerusnya. Terima kasih.

Salam,
Eryk Budi Pratama

Categories: Eryk Budi Pratama, IBM
  1. March 10, 2014 at 2:46 pm

    wah pakai zend yah ,tpi kok pas registrasiny sudah ngga ada 😀

    • proferyk
      April 15, 2014 at 2:07 pm

      iya om kurang tahu saya kenapa tidak bisa. Padahal malam hari setelah acara saya register bisa, besok-besok sudah tidak bisa

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: