Home > Cloud Computing > Hyperic HQ – Overview

Hyperic HQ – Overview

 

Penulis : Eryk Budi Pratama

Hyperic HQ ?? Wah makluk apa lagi ini??🙂 Baiklah dalam tulisan kali ini saya akan coba memberikan sedikit ulasan tentang Hyperic HQ (saat ini sudah versi 4.4 ).

Berdasarkan info dari website resminya, Hyperic merupakan systems monitoring, server monitoring, dan IT management software berbasis open source. Hyperic terdiri dari dua versi, yaitu versi open source (GNU GPL v2) dan enterprise. Sudah jelas bahwa fitur-fitur versi open source tidak selengkap versi enterprise. Terlepas dari versi yang digunakan, tentunya manfaat dari Hyperic adalah untuk mempersingkat proses operasional, memanage kompleksitas infrastruktur, dan dapat mengendalikan peningkatan service level.

Singkatnya, Hyperic HQ dapat memonitor dan memanage aplikasi web dengan berbagai macam platform dan teknologi yang digunakan, entah on-premise maupun cloud-hosted. Ada beberapa fungsi core management yang dimiliki oleh Hyperic HQ, yaitu :

Discover – Hyperic memiliki agen HQ yang akan menemukan resource aplikasi dan database berdasarkan informasi tentang penyimpanan aplikasi Anda. Alurnya adalah : Agent mengumpulkan informasi (platform, CPU, RAM, speed, IP Address, etc ) –> menggunakan  built-in resource plugin –> auto-discovering (operating systems, application servers, HTTP servers, Database servers, etc).

Organize – Resource yang ditemukan oleh agen HQ disimpan dalam HQ database secara hierarki untuk memudahkanorganizing.

Monitor – Agen HQ mengumpulkan matriks yang merefreksikan availability, performance, utilization, dan throughput. Agen akan mengumpulkan standar matriks dan Anda dapat mengkustomisasi matriks mana yang Anda gunakan. Semuanya akan ditampilkan pada halaman Dashboard.

Control – Anda dapat menggunakan HQ untuk melakukan kontrol dan administrasi secara remote terhadap application resources. Ketersediaan kontrol tergantung pada tipe resourcenya.

Alert, notify, escalate – Anda dapat menentukan peringatan pada matriks dan mengkonfigurasi aksi apa saja yang dilakukan HQ ketika ada peringatan. Masing-masing peringatan memiliki respon yang berbeda.

Present, visualize, analyze – ketersediaan antarmuka yang user-friendly, membuat Anda lebih mudah dalam memanage seluruh infrastruktur IT terutama terkait performance dan availability.

 

Berikut adalah contoh dari arsitektur Hyperic HQ :

Jika dilihat dari gambar di atas, dapat dipahami bahwa dibalik antara user dan HQ Server dipisahkan oleh UI application, dimana di dalamnya terdapat fitur-fitur dengan antarmuka yang memudahkan dalam pengelolaan infrastruktur (salah satunya berupa Dashboard). Anda dapat menambah kemampuan Hyperic HQ dengan dua tipe plugin, yaitu Resource Plugins dan Extension Plugins.

Agen HQ menggunakan resource plugins  untuk menemukan, memonitor, dan mengendalikan sumber daya perangkat lunak. HQ memiliki banyak built-in resource plugins. Anda dapat membangun plugin Anda sendiri untuk resource yang tidak disediakan oleh HQ. Anda juga dapat mengembangkan extension plugins untuk mengembangkan antarmuka pengguna HQ, mengembangkan script untuk mengotomatisasi proses yang secara umum terjadi, dan mengembangkan layanan web services interfaces dengan sistem manajemen lainnya.

Berikut adalah screen shot dari Hyperic HQ :

Untuk mendownload Hyperic HQ versi open source, dapat diundah pada link berikut. Untuk melihat perbedaan fitur Hyperic HQ versi open source dan enterpise, dapat dilihat pada website Springsource, yang merupakan salah satuapplication development framework untuk enterprise berbasis Java™.

Sekian ulasan singkat tentang Hyperic HQ. Jauh dari sempurna tapi semoga bermanfaat.

Semangat Menulis, Semangat Berbagi ^_^

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: