Home > Sertifikasi > Sekilas tentang Sertifikasi Microsoft

Sekilas tentang Sertifikasi Microsoft

Penulis : Eryk Budi Pratama

Jika mendengar kata sertifikasi, tentu yang ada di benak kita adalah semacam suatu penghargaan dalam bentuk tulisan sebagai bentuk pengakuan atas keahlian tertentu yang kita miliki. Sertifikasi sangat banyak macamnya, salah satunya adalah sertifikasi yang dikeluarkan oleh vendor perangkat lunak seperti Microsoft.

Untuk berkarier di bidang IT, gelar dan IPK yang setinggi langit saja tidak cukup untuk bisa bersaing dengan kompetitor kita. Dibutuhkan skill tertentu yang harus dikuasai dan sertifikat untuk keahlian yang kita miliki agar meningkatkan nilai jual kita ketika melamar pekerjaan. Pada tulisan ini saya akan mencoba sedikit membahas tentang sertifikasi Microsoft yang saya ambil dan dimodifikasi dari ebook yang ditulis oleh mas Aris Lesmana.

Secara garis besar,  sertifikasi Microsoft merupakan bentuk penghargaan dari Microsoft terhadap orang yang dianggap memiliki kompetensi terhadap teknologi Microsoft tertentu. Sertifikasi ini bisa didapatkan oleh siapapun yang telah mengikuti exam alias ujian khusus yang dikembangkan oleh Microsoft. Materi cakupan exam cukup luas dan beragam, mulai dari bidang sistem operasi, database, pemrograman, hingga security.

Dahulu, Microsoft mengeluarkan sertifikasi yang oleh kalangan IT disebut sebagai Sertifikasi Microsoft Klasik. Program sertifikasi klasik ini secara bertahap akan digantikan dengan program sertifikasi baru yang disebut dengan New Generation Certification. Untuk sertifikasi klasik, walaupun tidak akan diperpanjang lagi namun tetap mendapat pengakuan dari Microsoft mengingat masih banyak perusahaan yang menggunakan teknologi Microsoft terdahulu.

Titel dalam Sertifikasi Microsoft Klasik

Berikut adalah beberapa titel dari model sertifikasi Microsoft klasik :

MCP (Microsoft Certified Professional)

 

 

 

MCDST (Microsoft Certified desktop Support Technician)

 

 

 

MCSA (Microsoft Certified Systems Administrator)

 

 

 

 

MCSE (Microsoft Certified Systems Engineer)

 

 

 

 

 

 

Beberapa sertifikasi model klasik yang lainnya adalah :

  • MCAD (Microsoft Certified Application Developer)
  • MCSD (Micrososft Certified Solution Developer)
  • MCDBA (Microsoft Certified Database Administrator)

 

Sertifikasi Microsoft Generasi Baru

Pada dasarnya model sertifikasi baru ini sama dengan model sertifikasi klasik, dimana kita bisa mendapatkan titel juga lulus dalam ujian tertentu. Perbedaan utamanya tentu saja pada titel yang akan didapatkan serta materi ujiannya. Berikut adalah model sertifikasi generasi baru yang terbagi atas 3 level :

 

 

 

 

 

Technology Series

Menguji keahlian kita dalam bidang implementasi, pemecahan masalah, serta debugging untuk teknologi Microsoft yang spesifik. Titel yang didapatkan adalah MCTS (Microsoft Certified Technology Specialist). Titel ini bisa didapatkan dengan mengikuti 1 atau 2 ujian. Contoh titel yang didapat:

 

 

 

 

Professional Series

Menguji keahlian kita dalam bidang IT professional atau developer. Titel yang didapatkan adalah MCITP (Microsoft Certified IT Professional) atau MCPD (Microsoft Certified Professional Developer). Titel ini bisa didapat dengan mengikuti 2 hingga 6 ujian. Contoh titel yang didapat:

 

 

 

 

 

 

Master Series

Menguji keahlian dan pengalaman yang sangat luas dalam menggunakan produk dan teknologi Microsoft. Titel yang didapatkan adalah MCM (Microsoft Certified Master).

Mungkin inilah sedikit yang bisa saya tulis mengingat cukup banyak yang bisa dibahas tentang sertifikasi Microsoft. Semoga di kesempatan yang lain saya bisa lebih banyak menjelaskan tentang sertifikasi Microsoft.

Semangat Menulis, Semangat Berbagi ^_^

About these ads
  1. Denny
    March 5, 2012 at 2:14 am | #1

    Bagaimana cara untuk mengikuti sertifikasi tersebut ?
    Di mana pendaftarannya dan berapa biayanya ?
    Berapa banyak soalnya dan apa materinya, berapa lama waktu ujiannya ?
    Berlaku untuk berapa lama sertifikat tersebut ?

  2. agung
    May 15, 2013 at 10:06 am | #2

    Untuk ujiannya bisa dilakukan berapa kali? jika ada kegagalan?

    thanks

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: